Tukang Kembang di Cibubur

Standard

Hobi berkebun terang saja mengharuskan saya untuk sering-sering belusukan ke tukang kembang di sekitar rumah.

Nah, setelah 3 tahun menjelajah *halahh*, sekarang mau sharing ahhh..

Saya tinggal di daerah Radar Auri, Cibubur, Jakarta Timur dan berikut adalah lokasi tukang kembang terdekat yang sering saya kunjungi:

1. Sepanjang Alternatif Cibubur

Tukang kembang di sepanjang Jl. Alternatif ini menyebar, diawali dari sekitar Danau Buperta hingga hampir Cileungsi, di sisi kiri dan kanan jalan.

Tepian jalan ini relatif sempit, jadi lah koleksi mereka tidak terlalu lengkap karena keterbatasan lahan. Dan satu poin minus lagi adalah harganya relatif mahal. Mungkin karena mayoritas perumahan di wilayah ini adalah komplek menengah ke atas, jadi mereka jual mahal ya.. hehe..

Untuk gambaran, harganya sbb:
– sutra bombay: 7.500/polybag
– rumput gajah mini: 28.000/m²
– pisang-pisangan: 7.500/polybag
– mawar: 12.000/polybag
– irish: 2.500/polybag

2. Sepanjang Jalan Leuwinanggung

Tukang kembang di wilayah ini, poin minusnya sama dengan di sepanjang Alternatif Cibubur, mahal. Satu lagi, koleksinya sebenarnya banyak, tapi kondisi tanamannya tidak terlalu sehat. Kalau sekiranya berkunjung ke sana, sempatkan untuk melihat koleksinya hingga ke belakang, banyak yang tidak terawat.

Kisaran harga bunganya hampir sama, saya tidak menulis detilnya karena tidak pernah belanja di sana, cuma lihat dan nanya-nanya saja: p

IMG00134-20111003-1148

O ya, di ujung jalan Leuwinanggung ini, tepatnya menjelang kolong tol menuju ke gerbang Cimanggis, ada satu penjual tabulampot yang cukup recommended. Namanya Waroeng Keboenkoe. Selain koleksinya banyak, di sana juga ada resto kecil yang cozy, makanannya juga cukup enak.

Enak juga milih-milih pohon buah lalu makan siang di sana.. nyammm..😉

Waroeng Keboenkoe

 

3. Sepanjang Jalan Kranggan

Daerah ini adalah favorit saya untuk belanja kembang. Setahu saya, pedagangnya tersebar sejak sekitar ruko Kranggan Permai hingga ke sebelah Kec. Jatisampurna. Lewat dari itu saya belum pernah survey lagi.

Koleksi dan harga kembang di area ini relatif lebih baik dari 2 area sebelumnya.

Batavia Flora Kranggan

Ada satu tukang kembang langganan di sini. Namanya Batavia Flora, kios kedua dari arah Kec. Jatisampurna. Kenapa saya suka belanja di sana:
– koleksinya banyak dan bagus
– mas tukang kembangnya ramah dan mau diajak ngobrol soal ngurus kembang, plus jujur, kalau tanamannya akan sulit diurus/kurang cocok, dia akan bilang, lalu menyarankan beberapa alternatif pengganti, ini yang asik🙂
– harganya masuk akal, apalagi kalau sudah langganan… hehehe…

 

Batavia Flora Kranggan

 

Untuk perbandingan dengan sebelumnya ya, harganya sbb:
– sutra bombay: 2.000/polybag
– rumput gajah mini: 16.000/m²
– pisang-pisangan: 3.500/polybag
– mawar: 7.000/polybag
– irish: 1.000/polybag

Kastuba @ Batavia Flora

 

 

Pisang-pisangan

 

4. Sepanjang Jalan Gas Alam

Area ini sungguh unik menurut saya, kenapa unik, karena di satu tempat, saya bisa dapat satu pohon kamboja setinggi 120cm dengan harga 50.000 saja, tapi beberapa bulan kemudian, saat saya hunting kamboja putih khas kuburan, saya ditawari pohon setinggi 150cm-an dengan harga 1 juta saja!!

Waduhhh, pedagangnya yang ajaib, atau saya yang ngga update dengan pasaran harga tanaman ya?

Intinya, saya cuma iseng-iseng saja akhirnya kalau ke sini. Tidak terlalu direkomendasikan…

5. Sepanjang Jalan Radar Auri

Di area ini, lebih banyak penjual tabulampot dan tanaman besar-besar ketimbang tanaman bunga. Ada Nyoto Tabulampot, lalu ada lagi di depan komplek perumahan Taman Laguna.
Saya belum pernah belanja di area ini, karena baru nanya-nanya harga udah mental duluan hehehe..

6. Sepanjang Jalan Baru (Juanda) Depok

Di area ini, banyaaaaaakkkk sekali penjual bunga. Hari Minggu kemarin, 15 September 2013, saya hunting bunga sepatu dan voila.. dapat juga di salah satu kiosnya. Koleksi tanaman di area ini juga relatif lengkap dan beragam. Kalau harga, dari pengamatan sekilas, hampir sama dengan area sepanjang Alternatif Cibubur.

Sejauh ini, baru enam lokasi ini saja yang sudah saya jelajahi. Ada beberapa lagi yang akan saya review.. menyusul yaa..🙂

2 responses »

Leave a Reply

