Polri.. Kami Mendukungmu!

Standard

Pagi ini saya melintas di lokasi penembakan Bripka Sukardi, Jl. Rasuna Said Jakarta. Sudah tidak ada police line, hanya bunga-bunga papan tanda duka cita dari kalangan yang bersimpati pada peristiwa itu yang membuat hati kembali merasa miris.

Well, I’m not a fan of Polri. Bahkan cenderung kalau bisa menghindar dari segala urusan dengan institusi ini. Arya saja sejak kecil sudah saya jauh-jauhkan dari segala hal yang berbau Polisi, karena ngga kepengen anak saya bercita-cita jadi anggota Polri. Tapi peristiwa demi peristiwa penembakan ini membuat saya jatuh simpati. Terutama setelah melihat latar belakang para korban dan keluarganya.

Sedih, ini tidak seharusnya terjadi, kalaupun harus, pikiran naif saya berkata harusnya yang diberangus dari Polri adalah para petinggi serakah yang mengabdi untuk dirinya sendiri. Bukan para anggota yang mengabdi untuk negaranya.

Lebih sedih lagi, Kapolri dan Presiden tidak segera memberikan pernyataan yang menenangkan. Kalau benar ini teror, ini tidak lagi hanya menghantui Polri dan keluarganya lho Bapak-bapak Yang Terhormat. Bayangkan istri-istri anggota yang melepas suaminya bertugas dengan pikiran cemas, hari ini peluru itu akan nyasar dimana? Bayangkan pula masyarakat sipil yang berpikir, kalau Polisi aja bisa diserang bagaimana dengan kami, warga sipil?

Saya, dan mungkin ada masyarakat lainnya berharap, segeralah tenangkan kami-kami ini. Kami mau lho, berpartisipasi, berjuang sama-sama menghadapi ini semua, karena penyerangan kepada institusi negara sama dengan penyerangan kepada seluruh bangsa. Hanya saja kami tidak tahu harus bagaimana.

Ayo lah Pak, sedikit saja kata-kata “Kami harap seluruh masyarakat tenang dan tetap waspada bla bla bla..” atau ajakan “Mari sama-sama saling menjaga dan memperhatikan keadaan sekitar, laporkan bila ada yang mencurigakan bla bla bla..” setidaknya akan membuat kami tenang, karena percaya bahwa kami dilindungi oleh Negara.

Sementara itu, saya akan menanggalkan dulu semua ‘ketidaksukaan’ pada institusi Polri. Sebagai sesama anak bangsa saya akan berkata, “Ayo Polri, kenakan seragammu, tetap bertugas, jangan takut… Rakyat, setidaknya saya, mendukungmu!”.

Leave a Reply

