Sangat Sederhana..

Standard

re-post from Facebook, July 23, 2010

Januari lalu, setelah benak saya disesaki berita maha dahsyat itu, saya melakukan ritual menenangkan diri.. jalan-jalan.. biasanya saya nyetir mobil tanpa tujuan.. tapi kali itu saya kuatir akan terjadi apa-apa kalau saya nyetir sendiri.. pilihan bergeser, naik Trans Jogja.. berjam-jam.. saya keliling, entah kemana waktu itu..
Dalam perjalanan itu saya melihat bule *belakangan saya tahu namanya Phil* yang sedang kesulitan berkomunikasi dengan mas-mas asisten bus.. *apa sih sebutan yg bener ya?*
Melihat dua-duanya pasang wajah putus asa, yang satu kesel ngomong, yang satu kesel ngga ngerti kali ya.. saya mendekati mereka, ternyata si Phil tadi sedang bertanya bagaimana cara untuk menuju Desa Bobung, Putat, Gunung Kidul, sentra kerajinan kayu batik.

Ngobrol-ngobrol.. rupanya, Phil adalah buyer yang selama ini tinggal di Jakarta dan Bali.. baru mendarat untuk kedua kali ke Jogja untuk lihat langsung pengrajin bambu dan kayu batik. Singkat cerita akhirnya saya mengantar dia ke seorang teman yang punya usaha persewaan mobil dan guide di Sosrowijayan dan saya percayakan untuk dibantu sampai urusannya selesai.

Saat itu tidak ada tendensi apa-apa, kecuali karena saya baru baca buku tentang travelling a la backpacker, dan berpikir one day misal saya yang kebingungan di negeri orang pasti akan menyenangkan kalau ada yang peduli dan mau membantu. Dan.. sudah.. yang tersisa dari cerita hari itu cuma selembar kartu namanya yang saya simpan juga tanpa maksud kecuali untuk database.. *entah database apa.. hehe..*. Saya bahkan sudah tidak mengingat peristiwa itu lagi, sampai pertengahan Juli kemarin dia menghubungi saya dan bertanya-tanya soal kemasan… oooo rupanya dia sedang mengorder sejumlah kayu batik untuk dibawa ke negaranya.. dan butuh box untuk kemasan.. sama sekali tidak terpikir akan ada peluang itu.. sama sekali!! Dan sama sekali tidak terpikir juga, kami akan membuat deal hanya dalam waktu 7 hari.. tanpa saya harus cari-cari.. rejeki datang sendiri!!

Email terakhir kemarin, isinya dia setuju dengan penawaran harga yang saya buat, tanpa menawar *jangan-jangan saya kemurahan ya jualnya? :p* and that’s it.. 600 boxes to go to Finland.. dan saya ngga perlu kuatir takut tertipu karena semua pembelian dan biaya kirim langsung dibayar tunai.. bahkan dia yang bantu saya urus cara pengirimannya.. secara saya tidak pengalaman dalam hal itu.

Oooooo my.. Subhanallah… pintu rejeki kadang cuma perlu diketuk dengan perbuatan baik yang sederhana.. sangaaaaaaaat sederhana..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s