Catatan Lama #8 (was: 32 days to 32)

Standard

Re-post from Facebook, May 12, 2010

 

12 mei, 12 tahun yang lalu… yg jadi mahasiswa di tahun itu, pasti tahu apa yg terjadi.. tidak pernah berharap ada kejadian seperti itu terulang lagi di Indonesia-ku tercinta.. *masih inget saat harus muter motor karena ada diujung hunusan senapan*

Status FB saya dini hari ini, sesaat setelah saya tersadar di depan kalender meja kerja… wuiihhhh 12 Mei, 12 tahun yang lalu..

Saya berbagi cerita ini sebagai bagian dari rangkaian perenungan titik-titik penting perjalanan hidup saya.. Itulah awal titik balik kecintaan terhadap negara saya, Indonesia… terlambat? Karena baru cinta Indonesia di usia ke-20 tahun? Hehe.. better late than never kan?

Kecintaan yang saya maksud adalah cinta sebenar-benarnya, dimana hati saya terkoyak saat melihat sebegitu mudahnya nyawa melayang di tengah negeri yang katanya sudah merdeka, saat sedang memperjuangkan perubahan.. cinta sebenar-benarnya, karena di saat itu saya bertekad, saya akan jadi agen perubahan untuk membayar nyawa yang melayang saat itu dan cinta sebenar-benarnya karena saya berjanji tidak akan jadi sampah negeri ini seterbatas apapun keahlian saya..

Momen 1998 itu bagi saya layak dikenang sebagai masa perubahan… sudah tidak penting lagi buat saya membahas siapa yang saat itu hendak digeser, apa kesalahannya, toh beliau telah tiada dan bagaimana pun beliau tetap berjasa menorehkan jejak kebaikan pada negeri yang sedang saya tinggali saat ini.. dan saya pun ikut merasakan jejak perjuangan beliau..

Saya justru ingin kita semua mengambil pelajaran, kalau saat itu para pemuda kita membuat perubahan dengan cara demo besar-besaran dan sebagainya, bukan berarti pola itu harus diteruskan sampai detik ini… situasi dan kondisinya jauh berbeda.. saya melihat saat itu, demo dan tindakan revolusi mutlak perlu untuk mengguncang sistem yang telah puluhan tahun mengakar… sekarang, semua banyak berubah… kondisinya sudah jauh lebih memungkinkan bagi kita semua untuk menjadi agen perubahan… tidak cuma menuntut perubahan…

Sebuah quote dari Pandji Pragiwaksono, yang selalu menjadi favorit saya,

“ada dua macam pemuda, yang pertama adalah yang selalu menuntut perubahan, dan yang kedua adalah yang berusaha membuat perubahan”

Siapkah kita semua menjadi agen perubahan?

Ayoooo mulai dari hal kecil… mulai dari diri kita sendiri… ngga usah muluk-muluk dulu juga ngga apa-apa… hal-hal sederhana saja..

Yang jadi pelajar dan mahasiswa, ayoolaahhh… dugem hard, play hard, bolehhhh, tapi study hard juga dongg, ngga perlu semua jadi bintang pelajar/kampus deh, cukup tahu, ilmu-mu itu dan pengalamanmu di kampus bisa dipakai apa sekarang dan di masa depan nanti.

Yang jadi karyawan… bentuk mental profesional… ngga lembek, ngga cuma bisa ngeluh, ngga cuma minta dimengerti sama perusahaan, ayooo berkarya lebih baik, kalo bisa dipromosiin, siapa juga kan untung??

Yang jadi ibu rumah tangga… sinetron okeee… tapi be responsible, jangan didik anak-anak dengan sinetron juga… hehe.. jangan juga didik anak-anak dengan tangan pengasuh yang belum kita yakini kualitasnya..

Yang jadi pengguna jalan.. ayo tertib berlalu lintas..

Yang jadi pengusaha, ayoooo maju terus, kurangi pengangguran…

Yang jadi guru/dosen, mendidik.. jangan cuma mengajar…

Yang jadi atlet (haha.. secara lagi demam proliga), semangat berprestasi.. di dalam dan diluar lapangan.. jadi contoh buat fans…

Yang jadi buruh, tukang parkir, PRT, pedagang asongan, apapun tenaga informal lainnya, jangan minder… masih banyak sejuta usaha dan kebaikan yang bisa kita lakukan sama-sama untuk perubahan…

Semangat !!
Supaya Indonesia bisa berubah tanpa harus melewati lagi fase mengerikan seperti 12 tahun yang lalu.

Leave a Reply

