Kenali Jakarta, Cintai Jakarta…

Standard

Sudah hampir 2 tahun saya di Jakarta, dan masih juga saya ngetuit omelan kenapa saya belum juga merasa klik dengan kota ini. Saya belum punya spot favorit, yang akan saya jadikan pilihan mangkal saat didera jenuh rutinitas harian.  Ini agak mengherankan, Jakarta gitu loohhh, yang katanya gudangnya tempat asik buat nongkrong dan jalan-jalan.

Jangan-jangan ini salah saya sendiri, yang kurang pandai mencari informasi, kurang jeli memindai alternatif spot jalan-jalan, karena membiarkan diri tertimbun arus informasi/promosi mall, mall, mall, dan mall.. tempat yang sejauh ini belum pernah berhasil jadi tempat me-refresh otak saya.

Dari situ, saya coba mapping lagi, yg saya suka dan cari apa sih. Beruntung, Detik Travel membantu saya dengan menyediakan klasifikasi Travel Interest seperti ini:

Naaahh, bener kan, sebenarnya kalau mau dicari, berpijak dari poin-poin yang sudah saya pilih, ternyata banyaaaakkkk alternatif jalan-jalan selain mall di Jakarta.  Dan internet menyediakan banyaaaaaakkk situs yang memberi informasi tentang itu, beberapa di antaranya:
Wisata Jakarta selain TMII, Ancol, KBR, Monas

12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir

Pasar di Jakarta

Museum di Jakarta

Destinasi Wisata Jakarta

dan masih banyak lagi…

Saya coba buat must visit place versi saya ya, dan akan saya update setiap saya punya informasi baru, sekaligus jadi check list buat saya sendiri. (yang sudah saya coret, berarti sudah pernah saya kunjungi)

SEJARAH
– Jembatan Kota Intan
Menara Syahbandar
– Pulau Onrust
– Rumah Si Pitung
Kawasan Sunda Kelapa
– Makam Jayakarta
Kampung Luar Batang
– Kampung Tugu
– Kampung Marunda
Kampung Betawi Setu Babakan

BANGUNAN/GEDUNG
– Gedung Kesenian Jakarta
– Gedung Arsip Nasional
– Balai Penyelamatan Pusaka Indonesia
– Galeri Nasional
– Stasiun Beos
– Stasiun Tj. Priok
Planetarium
Monumen Pancasila Sakti
– Monumen Proklamasi
– Istana Negara

OUTDOOR
– Pantai Carnaval
– Pantai Marunda
– Pulau Onrust
Kebun Binatang Ragunan
Taman Anggrek TMII
Taman Anggrek Ragunan
– Suaka Margasatwa Angke
– Taman Menteng

TEMPAT IBADAH
– Pura Adhitya Jaya Rawamangun
– Gereja Sion
– Gereja Simultan Menteng Pulo
– Gereja Katedral
– Vihara Amurva Bhumi Casablanca
– Kelenteng Jin De Yuan
– Masjid Jami Angke

MUSEUM
Museum Sejarah Jakarta
Museum Pengkhianatan PKI
– Museum Kebangkitan Nasional
– Musum Perumusan Naskah Proklamasi
Museum AH. Nasution
– Museum Juang 45
– Museum Katedral
– Museum Nasional
– Museum Prasasti
Museum Sasmitaloka A. Yani
– Museum MH. Thamrin
– Museum Sumpah Pemuda
Museum Bahari
– Museum Tragedi 12 Mei
– Museum Bank Indonesia
– Museum Bank Mandiri
– Museum Polri
– Museum Satria Mandala

Ada yang mau nambahin??😉

Leave a Reply

