Taman Bunga Nusantara #1

Standard

Melanjutkan perjalanan edisi Puncak kemarin, seperti rencana semula, saya dan Dian segera bersiap menuju Taman Bunga Nusantara (TBN) setelah melahap makanan yang kami pesan. Fish and Chip + Iced Lemon Tea pesanan saya, serta Iga Sapi Bakar + Iced Strawberry Milk pesanan Dian semoga cukup untuk bekal energi mengelilingi TBN nanti.

Excited. Jam sudah menunjukkan pukul 12 siang lebih. TBN buka hingga pukul 5 sore, semoga perjalanan lanjutan kami lancar.

Taman Bunga Nusantara terletak di di Jl. Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Kabupaten Cianjur.  Eh, btw, kalau saya kemarin ngga pergi ke TBN, mungkin sampai saat ini saya masih berpikir Cipanas itu masuk wilayah administrasi Kabupaten Bogor, ternyata sudah masuk Kabupaten Cianjur too.. duh, geografi dulu belajar apa Bubuuuu? :p

Dari Cimory, TBN masih sekitar 13 km lagi, jangan kuatir untuk teman-teman yang belum pernah berkunjung kesana, perhatikan saja papan penunjuk arah TBN yang banyak terpasang, relatif mudah dilihat kok.

Untuk menuju lokasi ada dua jalur yang dapat dipilih sesuai dengan peta berikut:

Saya berangkat melalui rute 1, belok kiri setelah jembatan Ciloto, dan pulang melalui rute 2, karena ingin melintas di depan Istana Cipanas. Saran saya sih, pilih jalur yang tidak melewati Istana/Pasar Cipanas saja, karena macetnya lumayan mengganggu.
Sangat disayangkan, menyimpan potensi wisata seindah TBN, Pemkab Cianjur kurang memperhatikan prasarana menuju lokasi wisata.
Memasuki kedua jalur ini, pengunjung harus bersiap dengan medan yang tidak menyenangkan, jalanan hampir semua hancur berlubang, sempit dan macet karena banyak angkot yang ngetem sembarangan.  Perhatikan waktu tempuh ya..

Dengan semangat liburan, semoga hal-hal itu ngga bikin bete ya, nikmati saja hehe.. Mending tengok kanan kiri lihat-lihat pedagang tanaman hias yang mulai berderet hingga TBN.

Atau yang lagi jalan-jalan mengajak ibu, mampir belanja buah aja..😉
Kurang lebih setelah menempuh 20 menit perjalanan sejak Jembatan Ciloto tadi, akhirnya sampai juga kami di Gerbang TBN.
Wuahhh… baru melihat gerbangnya saja, saya sudah girang.. ngga sabar mau membuktikan indahnya foto-foto yang saya lihat hasil browsing kemarin-kemarin.

Keliatan kan ya itu di foto? hehe, maklum foto-fotonya pake smartphone aja, jadi kualitas apa adanya.

TBN buka setiap hari pukul:

08.00-17.00 (weekdays)

08.00-17.30 (weekend)

Jangan khawatir soal parkir, tempatnya luaaaas, paling-paling kalau peak season harus ikhlas jalan kaki agak jauh aja.

Dari parkiran, Pintu Masuk Utama ini yang akan menyambut kita.

Khusus untuk teman-teman yang ngga mau capek jalan mengitari taman seluas 23ha dan ingin membeli tiket paket Dotto Train / Garden Tram,  datengnya harus passss di jadwal mereka jalan. Yang saya tahu pasti jam 13.00 dan 15.00.

Ini Dotto Train-nya… lucu bangeettt, kalau ajak anak-anak pasti mereka seneng!🙂

Tapi yang datang di luar jadwal jalannya DottoTrain, tenaaaanggg…ada WiraWiri, angkutan yang berangkat setiap saat, untuk membawa kita berkeliling, lengkap dengan panduannya.

Sedikit tips, dalam perjalanan mengelilingi TBN dengan WiraWiri ini, di area Alam Imajinasi (area permainan) sopirnya akan menawarkan teman-teman untuk turun. Bisa sih, naik lagi dengan menunjukkan potongan tiketnya, tapi resikonya kalau di WiraWiri selanjutnya ngga ada penumpang yang mau turun ya harus ikhlas nunggu, udah gitu berebutan lagi… duhhh…
Jadi kalau memang ngga bawa anak-anak atau ngga berminat main, mending terus aja sampai ke titik awal pemberangkatan, kecuali teman-teman memang mau melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Atur waktu perjalanan, siapkan segala kemungkinan, sehingga teman-teman bisa maksimal menikmati keindahan taman tanpa harus ‘terganggu’ dengan panas atau hujan.

Next, kita akan meng-explore tamannya ya… see u soon ;