Terima Kasih TimNas Sepak Bola Indonesia…

Standard

Saya memulai tulisan ini pada saat jeda pertandingan.

Tiba-tiba ingin menulis, mungkin untuk mengalihkan ketegangan karena hingga turun minum Indonesia belum membuat skor. Mungkin juga menghindari kekesalan berlanjut pada komentator yang sering sekali membuat komentar yang tidak simpatik. Mungkin juga karena saya sedang bersiap-siap untuk kecewa.. entah kenapa, feeling saya bilang hari ini belum saatnya Indonesia juara.

Salahkan saya untuk feeling saya yang terdengar tidak optimis ini…

Sejak awal saya bertekad, menang kalah akan mendukung TimNas Indonesia, tetap bangga dan berterima kasih karena membuat bangsa Indonesia beberapa waktu ini menjadi semangat dan bergembira. Sudah lama sekali kan, kita tidak larut dalam kegembiraan seperti ini?

Oh tidak… akhirnya gol untuk Malaysia..

Saya sudah menangis… secara pribadi, karena kekalahan atau kemenangan ini besar artinya, karena Indonesia sering ‘terinjak’ harga dirinya dalam beberapa hal oleh Malaysia. Soal TKI, soal batas wilayah, soal kekayaan bangsa yang diaku-aku.. dan entah hal-hal apa lagi yang saya tidak tahu..

Saya menangis, karena saya tidak sepenuhnya setuju dengan pendapat it’s just a game and it supposed to be fun..

Saya menangis, karena terharu, melihat M. Ridwan menitikkan air mata sebelum pertandingan dimulai, melihat M. Nasuha jungkir balik setelah cedera, Firman Utina, Bambang Pamungkas, Arif Suyono, M. Bustomi dkk, berupaya membakar nasionalisme dengan tarian lincah kaki mereka, sementara sang penguasa sepak bola di negeri ini adalah sosok yang tidak bisa dipercaya.

Saya menangis, melihat El Loco Gonzales yg bukan asli Indonesia begitu bersemangat menyematkan kebesaran pada dada bangsa ini, melihat Irfan Bachdim hafal lagu Indonesia Raya.. kemana bangsa ASLI Indonesia, jujur saja, berapa banyak dari kita yang sudah lupa lagu kebangsaan, isi Pancasila, arti lambang negara, makna semboyan negara, bahkan berapa banyak yang meracuni bangsa dengan berbagai tindakan tidak masuk akalnya.

Ahhhh, dua gol Indonesia!

Saya tidak lagi peduli dengan akhirnya… Satu hal yang saya peduli dan yakin, sejak awal dan mudah-mudahan keyakinan saya menetap.

Bangsa kita akan bangkit, dimulai dengan nasionalisme yang terbangun dari lapangan hijau ini.. mudah-mudahan perjuangan Pasukan Garuda ini tidak sekedar dimaknai sebagai pertandingan, bukan ‘just a game’, tapi sebagai sumber inspirasi kolektif bahwa masih banyak sejuta harapan yang bisa dibangun, sejuta kesempatan yang bisa dicari.. untuk mencintai Indonesia..

Saya akan mengenang momen hari ini.. dan untuk itulah dari hati terdalam, dalam hitungan tak terhingga, saya guratkan…

Terima Kasih TimNas Indonesia, it’s more than just a game!!

Leave a Reply

