Catatan Akhir 2009 #1

Standard

written on Sunday, December 27, 2009 at 2:27pm

Seperti banyak orang lain.. akhir tahun sepertinya memang masih jadi momentum yang pas untuk mereview apa yang telah terjadi dalam hidup saya setahun terakhir. Mungkin suasananya.. atau mungkin juga karena pekerjaan mengharuskan saya membuat laporan, perencanaan, budgetting.. jadi otomatis urusan pribadi juga secara paralel muncul dalam benak.

Di akhir tahun, pikiran yang muncul selalu “gila ya..cepet bener… tau2 udah mau taun baru lagi”.. duh, 365 hari apa sudah dimanfaatkan dengan baik?
Haaa jadi inget resolusi tahun 2009 yang saya tulis setahun yang lalu.. saat itu cuma ada 5 poin, karena itu yg jadi prioritas utama dan kuatir juga kalau banyak2 malah gak kesampean..

Lahhh ternyata, bener kan… dari 5 itu cuma DUA.. yang saya rasa hasilnya cukup signifikan.. poin itu adalah BEING HAPPY DENGAN CARA DAN SIRKUMSTANSI YANG SEDERHANA.. poin pertama dalam daftar resolusi saya.. karena saya merasa tahun 2008 dan tahun2 sebelumnya saya lebih sering merasa tidak bahagia karena target-target yang saya buat terlalu tinggi.. bahkan hampir tidak masuk akal untuk diwujudkan dengan langkah-langkah kecil..

Tahun ini saya cukup berhasil mendidik diri saya untuk memperbanyak syukur, bahkan untuk hal-hal remeh.. memperbanyak pikiran positif… tentang hidup saya..

Poin kedua adalah NGGAK GAMPANG MARAH…
Saya pelajari.. bahwa sebagian kemarahan saya adalah akibat perfeksionisme akut, yang tingkat keparahannya udah lumayan tinggi.. seorang sahabat saya Yola, pernah mengingatkan saya lewat komen-nya untuk tidak menuntut orang lain akan melakukan hal-hal dengan standar saya.. thank u bu.. it works !!

Saya coba.. saya sering kesel, ngomel, ngamuk sama asisten rumah tangga yang mengintervensi daerah pribadi saya.. atau karena habit dan cara bekerjanya tidak sesuai dengan standar saya.. akhirnya memberanikan diri untuk hanya dibantu seorang asisten part time, yang kualifikasinya paling dekat dengan standar saya.. cuma bantu beres-beres rumah selama 3 jam, sisanya saya kerjakan sendiri.

Saya menikmati cuci piring dengan level bersih saya.. setrika baju dengan level licin saya.. beres2 rumah dengan standar rapi saya hehee…

Ternyata.. I’m happy !!

Saya bisa dengan senang hati bercapek-capek.. dan berhasil tenang hati cuek kalau lagi males beres-beres..

Teruss.. saya sering ngomel sama Arya kalau mainan dan barang2nya berantakan… saya mulai ajarkan Arya untuk punya area… dan terus melatih dia untuk wajib beres-beres sesudah main.. tapi saya juga memaksa diri saya dengan amat sangat untuk tidak menjadikan Arya seperti saya… sekarang ini Arya sudah ngerti tanggung jawabnya.. yaaaa ngga rapi-rapi banget ngga apa2 lahhhh… hehe.. love u son !

Begitu juga dengan karyawan… saya rasa saya cukup berhasil untuk memberikan kebebasan pada mereka bekerja dengan cara mereka… mereka juga karyawan yang hebat.. cepat, tanggap, tanggung jawab. 2 thumbs up !!

Back to the list.. bagaimana nasib 3 poin lainnya

Taraaaaa….. waktunya mengakui kegagalan…🙂

Kemunduran terbesar saya tahun ini adalah time management dan priority management yang ngga bener.. saya lebih banyak menuruti workaholic-nya saya.. dan akibat yang paling parah adalah saya sering tidak punya waktu untuk punya perhatian sama teman-teman dan keluarga… berapa banyak momen penting yang saya lewatkan.. berapa banyak undangan yang saya abaikan.. berapa lama tidak menyempatkan untuk tatap muka dan jabat tangan dengan tetangga, teman, keluarga.. berapa banyak kualitas persahabatan yang turun…duhhh… minta maaf yaa… teman2 dan semua yang sudah saya kecewakan.. harus coba untuk diperbaiki..

Kegagalan selanjutnya tetepppp.. dari tahun ke tahun… NABUNG !! kayanya saya perlu dateng ke financial planner deh.. jangankan investasi.. untuk naikin prosentase nabung aja gagal terus.. eh tapi percuma juga ya dateng ke financial planner kalo niat untuk disiplin dan ngga boros ngga dibentuk dari diri sendiri.. ada yg bisa bantu saya??😦 mbak Arie?? hehe.. ibu satu ini memang juaranya !!

Terakhir.. soal ibadah..
Naahhhh yang ini biarlah reviewnya buat saya aja..🙂

(bersambung… kayanya)

Leave a Reply

