1000 Rupiah Untuk Sebuah Pembelajaran

Standard

written on Wednesday, May 20, 2009 at 5:24pm

Sabtu kemarin, waktu mengantar Arya jalan2 ke Museum Diponegoro, kami mampir sebentar beli minum di warung depan.. 1000 perak yang saya bayarkan ternyata bukan cuma untuk segelas es teh manis tapi juga termasuk pelajaran untuk saya dan Arya tentang mana yang hak dan mana yang bukan..

Selain kami berdua, ada mas-mas yang baru selesai makan, sepertinya dia seorang sales kanvas yang sedang istirahat makan..

“pinten bu?”

“6250..”

“o nggih.. niki bu..” sambil mengulurkan uang 6500 rupiah dan berlalu..

Ibu warung tadi langsung teriak-teriak memanggil mas-mas tadi…
bu
“mas..mas.. susuk’e durung..”

“sampun bu.. sampun..”

“lho..ojo.. iki duwitmu kok, olehmu nggolek yo rekoso..” ibu itu maksa mau ngasih uang kembaliannya..
karena tidak ada uang receh di kotak uangnya, sang ibu menukar uang ke tukang parkir.. tidak ada.. ke tukang mainan.. tidak ada.. ke saya.. apalagi…

“lah sampun to bu…”

“ora.. iki lho tak wenehi rokok sakbatang wae..”

Saya tidak tahu itu rokok apa dan berapa harganya sebatang.. cukup atau lebih dari nilai uang kembalian si mas 250 perak tadi.. yang saya lihat saat itu nilainya menjadi jauuuuuhhhh lebih besar dari uangnya.. tapi niatnya untuk mengembalikan apa yang bukan haknya..

Saya terkesan.. terlebih karena saya juga punya usaha.. pasti banyak bahkan mungkin hampir kita semua yang pernah “dipaksa” oleh toko/supermarket/hypermarket untuk menerima kembalian berupa permen atau malah tidak dikembalikan sama sekali.. (masih bagus kalau mereka memasukkan itu ke program pembulatan untuk disumbangkan..banyak juga kan yang enggak??)

Kalau pengusaha sekecil itu mau berusaha untuk jujur dan adil kepada pelanggannya.. kenapa yang lebih besar tidak mau berusaha lebih baik untuk berbuat hal yang sama.. tidak lalu menggampangkan urusan yang kelihatannya kecil ini..

Saya terkesan Bu.. terima kasih untuk pelajaran hidup yang berharga. Mudah2an Ibu dilapangkan rizkinya..

Leave a Reply

