Pepes Walahar, Petualangan Kuliner Karawang

Standard

 

Kalau teman-teman ditanya apa yang terlintas di benak saat mendengar kata KARAWANG, kira-kira mau jawab apa hayoo? Saya dengan mantap pasti akan menjawab “goyangnya” hehe.. setelah itu baru lah terpikir puisi karya Chairil Anwar, Karawang Bekasi. Tapi itu dulu, sekarang pertanyaan itu pasti akan saya jawab dengan “Pepes Walahar”. Apa itu? Apa bedanya sama pepes jambal, pepes oncom, pepes ikan mas dan sebangsanya? :p

Sebenarnya yang saya maksud adalah Rumah Makan Pepes Jambal H. Dirja yang terletak di tepi Bendungan Walahar, Desa Walahar, Klari, Karawang, Jawa Barat. Saya mendengar ketenaran rumah makan ini sejak lebih dari setahun yang lalu, saat masih tinggal di Jogja, tapi hingga setahun lebih pindah ke Jakarta, baru kali ini kesempatan itu datang. Urusan pekerjaan di Cikarang, membuat saya berpikir, ah, sekalian aja disempetin ke sana, nanti-nanti udah sibuk sama ini itu, mana tahu kapan ada kesempatan lagi.

Mulai lah rencana perjalanan dibuat dan karena saya sama sekali tidak mengenal lokasinya, perjalanan ini dimulai dengan browsing sana sini tentang rute menuju Bendungan Walahar. Banyak sekali informasi yang dishare teman-teman blogger, dan saya ingin melengkapi saja.

Oke, perjalanan dimulai..

Rutenya Cibubur – Tol Jagorawi (arah Jakarta) – Tol JORR (arah Tol Cikampek) – Tol Cikampek, exit Km 54, Karawang Timur. Total jarak hingga GT Karawang Timur ini menurut GoogleMaps, 65 km —lumayan hehehe—. Untuk menuju Karawang Timur, sangat mudah kan? jadi detilnya saya mulai sejak GT Karawang Timur saja.

Ikuti garis biru ya.. begitu keluar dari tol, lurus saja, menuju Jalan Raya Kosambi, lalu belok kanan menuju arah Cikampek.

 

 

 

Kondisi gerbang tol di hari Minggu (15/01/12) kemarin tidak terlalu padat. Antrian hanya beberapa, karena tidak semua loket dibuka. Sepertinya daerah itu memang tidak perlu padat arus kendaraannya.

 

 

Sekitar 2 km kemudian, teman-teman akan bertemu perempatan yang tidak tegak lurus, jadi terlihat seperti 2 pertigaan yang berdekatan.

Patokannya, ada Indomaret di sisi kanan jalan.

 

 

Ini pertigaannya. Perhatikan penunjuk arah menuju PT. APF.

Belok kanan, lalu ikuti jalan sampai menyeberang jembatan tol, dan bertemu sungai.

 

Lalu belok kiri, ikuti jalan menyusuri sungai, luruuuusss saja.

 

 

 

 

 

Kondisi jalan tidak terlalu mulus, tapi juga tidak mengganggu. Hanya ada beberapa lubang besar yang tidak terlalu berbahaya.

Makin mendekati lokasi, jalan semakin menyempit.

 

Masih di jalur biru, jalan berakhir di simbol bulatan, belok kanan melewati 1 jembatan dan berikutnya belok kiri, melintasi Bendungan Walahar itu sendiri.

 

 

 

Keduanya sempit, hanya cukup untuk satu mobil dan satu motor saja, dan itu menyebabkan antrian panjang.

Waspadai resiko serobot2an jalan di sini, terutama bila belum ada petugas yang mengatur.

 

Ini lah dia Bendungan Walahar itu.

Oya, friendly reminder, hati-hati untuk teman-teman yang skill mengemudinya masih di taraf pemula, selisih spion dan portal hanya beberapa cm saja, jangan sampai nyangkut hehehehe…

Dan voila… 6.5 km dari GT Karawang Timur, sampai deh..

Ini bangunan asli, kelihatan ngga menarik? Tunggu..

Begitu masuk, jangan langsung parkir, ada jalan menuju bagian belakang yang lebih nyaman.. yuk..

 

 

 

 

See? Disini ada juga parkir mobil, bahkan bisa di sebelah saung persis.

Biasanya, pepes akan dihidangkan, seperti kalau kita makan di Restoran Padang. Pepes yang tersedia antara lain: jambal, ikan mas, jamur, ati ampela, ayam, teri, peda, tahu, oncom.

Dan jangan khawatir, buat anak-anak yang mungkin tidak suka pepes, ada pilihan menu lain, ayam goreng/bakar dan gurame goreng/bakar,cobek lele (istilah lain dari pecel lele).

Begini penampilan saat dihidangkan, yuk makan.. ;)

Sekarang review ya… (searah jarum jam):

  1. Pepes Jambal, sebelum ini yang saya tahu, ikan jambal ya yang ikan asin itu, jadi saya pikir kaya apa ya ikan asin dipepes? hehehe.. ternyata, jauh dari dugaan, ikannya tampil dalam kondisi benyek-benyek khas ikan yang dikukus. Rasanya sih standar pepes lah.. Oya, hati-hati, cek isi perutnya, yang kami makan kemarin, ternyata tidak dibersihkan :(
  2. Lalapan, selama ini, yang saya tahu, Rumah Makan Sunda selalu menyediakan lalapan yang dahsyat, lengkap segala ada, termasuk daun poh-pohan.. Ekspektasi saya terlalu tinggi kali ini, lalapannya sederhana sekali.
  3. Pepes Oncom, rasanya seperti bothokan di Jawa, rasanya tidak terlalu istimewa..
  4. Pepes Ayam, bumbunya sama persis seperti Pepes Jambal
  5. Pepes Tahu, bumbunya bumbu rajang saja, yang tampak bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit dan daun salam. Tapi yang terasa kemarin hambar.. saya jadi seperti makan rebusan tahu saja..
  6. Menu tambahan, ayam goreng kremes yang paling berhasil diterima lidah saya, meskipun kremesnya rasanya mirip serundeng. Udang gorengnya juga standar-standar saja, cenderung terlalu asin malah.

Kesimpulannya, rasa masakan yang dihidangkan tidak terlalu istimewa, tapi semua tetap kembali ke selera masing-masing ya.. buktinya Pepes Walahar ini tetap ramai dikunjungi. Dan sebagai orang yang hobi belusuk’an, tidak ada yang perlu saya sesalkan, sensasi jalan-jalan menuju lokasi sudah jadi pengalaman menyenangkan.

Respek saya terhadap pengelola Pepes Walahar, karena dari usaha mereka lah, berhasil tercipta tujuan wisata dan lapangan kerja.

Setidaknya saya jadi bisa bilang, Karawang ngga cuma punya goyangan… :)

Karawang, 15 Januari 2012

Untuk 3 orang

Nasi Timbel 3 porsi – Rp 12.000

Lalap Sambal 1 porsi – Rp 5.000

Pepes Jambal 1 porsi – Rp 4.000

Pepes Tahu 1 porsi – Rp 3.000

Pepes Oncom 1 porsi – Rp 3.000

Goreng Ayam 1 potong – Rp 9.000

Goreng Tempe 1 potong – Rp 1.000

Goreng Udang 1 porsi – Rp 10.000

Es Jeruk 1 gelas – Rp 7.000

Es Teh Manis 2 gelas – Rp 8.000

TOTAL: Rp 62.000

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s